Biografi John Petrucci, Salah Satu Gitaris Yang Di-Endorse Musicman

John Petrucci Biography

John Petrucci atau John Peter Petrucci, lahir di Kings Park, Long Island, New York, 12 Juli 1967, adalah gitaris handal yang dikenal sebagai salah satu anggota band progresif metal "Dream Theater". Sejak Dream Theater merilis album "Scenes From A Memory" (1999) sampai album "Black Clouds & Silver Linings" (2009), dia (bersama Mike Portnoy) merupakan produser dari Dream Theater , dan ketika Mike Portnoy keluar dari Dream Theater, ia pun menjadi produser tunggal pada album Dream Theater.

John Petrucci besar di Kings park, Long Island, kota dimana Petrucci, John Myung, dan Kevin Moore, bersekolah. John Petrucci bermain gitar untuk pertama kalinya saat dia berumur 8 tahun. Dan mulai menjadi gitaris sebuah band pada umur 12 tahun. Beberapa band dan gitaris yang mempengaruhi permainan gitarnya antara lain adalah; Yngwie Malmsteen, Randy Rhoads, Stevie Ray Vaughn, Iron Maiden, , Yes, Rush. Karena saat itu merupakan era berkembangnya musik metal dan trash.

John Petrucci bersekolah di Berklee College of Music di Boston bersama teman masa kecilnya John Myung (bass), merekapun bertemu dengan Mike Portnoy (drum). Bersama Kevin Moore, kemudian mereka membentuk sebuah band "Majesty". Namun, karena sudah ada band dengan nama yang sama, akhirnya, mereka merubah nama band-nya menjadi Dream Theater. namun selain Dream Theater John Petrucci juga mempunyai band lain "Liquid Tension Experiment" (bersama Mike Portnoy dan Tony Levin), Age of Impact.

John Petrucci juga telah merilis sebuah video gitar instruksional, Rock Discipline, yang menjelaskan tentang latihan pemanasan sebelum bermain gitar, menghindari cedera saat bermain gitar, memilih alternatif, sweep picking, chords dan teknik gitar lainnya. Bahkan John Petrucci juga merilis sebuah buku yang berjudul "Guitar World presents John Petrucci's Wild Stringdom", yang merupakan susunan artikel-artikel yang ditulisnya di majalah Guitar World.

Solo Album

Pada tahun 2001, Joe Satriani dan Steve Vai mengajak Petrucci untuk mengikuti tur mereka (tur G3), Tur tersebut menginspirasinya untuk membuat solo album. Akhirnya dirilislah album "Suspended Animation" pada tanggal 1 Maret 2005. Petrucci juga mengikuti tur G3 tahun 2005 dan 2006, dan pada tahun 2007. Ia pun melanjutkan tur G3, namun kali ini posisi Steve Vai digantikan oleh Paul Gilbert.

Selain bermain gitar, Petrucci juga dikenal sebagai penulis lagu. Tema yang sering digunakanya adalah fantasi, filosofi, keluarga, dll. Masalah agama juga tak lepas dari jangkauanya. melalui lagu yang berjudul "In the Name of God" (album Train of Thought), John Petrucci mengkritik para ahli agama yang mengatasnamakan Tuhan untuk membenarkan segala bentuk kekerasan. John Petrucci juga menulis lirik (lagu Another Day ) untuk ayahnya yang terserang kanker otak dan mededikasikan lagu "Take Away My Pain" (album Falling Into Infinty) untuk sang ayah. setelah ayahnya meninggal. Beberapa lirik hasil karyanya bertemakan filosofi. Yang banyak terdapat dalam album Metropolis part II : Scenes from a Memory seperti lagu The Spirit Carries On dan Beyond This Life. Di album Six Degrees of Inner Turbulence  John Petrucci juga banyak menyoroti masalah kejiwaan / psikologis. Pada album Systematic Chaos, John Petrucci memilih tema fiksi, seperti cerita tentang roh / arwah, monster, vampire. Ia terinspirasi beberapa komik dari berbagai negara.

Pada tahun 1992, Petrucci di-endorse oleh Ibanez Guitar. Ia dibuatkan beberapa signature guitar, Ibanez JPM100 P1, P2, P3, P4 dan JPM 90th Anniversary. Tahun 1999, Petrucci memutuskan untuk meninggalkan Ibanez dan pindah ke Ernie Ball / Music Man. Di Music Man pun John Petrucci juga mendapatkan gitar khususbya dengan nama EB/MM John Petrucci BFR Series. Dan gitar tersebut merupakan gitar yang sering digunakannya hingga saat ini. John Petrucci juga diendorse oleh DiMarzio (Guitar pickups), Ernie Ball (Guitar strings), Axess Electronics (foot controller), Boss (effects), Dunlop (plectrum, wah effect), dan Mesa Boogie (Guitar Amp). Solo gitarnya pada lagu Under a Glass Moon masuk dalam nominasi 100 solo gitar terbaik sepanjang masa.  Majalah Total Guitar menobatkan Petrucci sebagai ”Guitarist of the Year 2007″. Bahkan GuitarOne menempatkan John Petrucci pada rangking ke-9 “Greatest Shredder of All Time”.

Proyek Sampingan

John Petrucci juga menulis dan merekam dua buah lagu untuk soundtrack permainan Sega Saturn yang berjudul Digital Pinball: Necronomicon. Lagu yang berjudul "Prolog dan Epilog" ini berdurasi kira-kira dua menit. John Petrucci menggunakan sebuah "nama panggung alternatif" Johnny James.Dalam sebuah band parodi, Nightmare Cinema (beranggotakan personil Dream Theater),

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

comments
Tan
15/6/16 1:43 pm delete

berarti john petrucci sangat berpengaruh dan berkontribusi di Drean theater ya. keren... saya lihat kepiawaiannya bermain gtar sangat bagus walau kurg mengerti seni gitar sih.

Reply
avatar
12/10/16 9:19 am delete

tentu saja, doi salah satu penyumbang sebagian besar aransemen musiknya DT

Reply
avatar