Steve Vai Biografi


Steve Vai Biografi

Steve Vai lahir pada 6 Juni 1960 di Carle Place, New York, adalah seorang gitaris, penulis lagu, penyanyi dan produser yang berasal dari Amerika Serikat. Namun, dari bakat – bakat tersebut, hanya satu yang membuat namanya melambung. Yaitu, Gitaris.  banyak yang mengatakan bahwa Steve Vai adalah gitaris tercepat di Dunia.

Steve Rio Vai atau Steve Vai mulai belajar piano pada usia 6 tahun. Memasuki usia 10 tahun, Steve Vai  mulai belajar bermain akordeon. Kemudian di usia 13 ia mulai mempelajari gitar dan sejak saat itulah muncul Master gitar baru. 

Pada tahun 1974, ia mulai bermain di banyak band-band lokal, salah satu band-nya bernama "Vais Steve Vai".

Steve Vai adalah seorang gitaris yang jenius, permainan solo gitarnya terdengar sangat unik, berbeda dari lagu-lagu rock pada umumnya. Teknik – teknik  permainan gitarnya juga inovatif. Sehingga menghasilkan harmonisasi nada khas ala Steve Vai.

Steve Vai menyatakan, bahwa permainanya terpengaruh oleh beberapa gitaris, seperti Jeff Beck, Jimmy Page, Glen Buxton, dan jazz fusion gitaris Allan Holdsworth.

Setelah melakukan banyak overdub di bagian gitar untuk album Zappa's “You Are What You Is”, akhirnya Steve Vai menjadi anggota band penuh, dan mengikuti tur pertamanya dengan Zappa pada tahun 1980.

Alcatraz

Setelah meninggalkan Zappa (1982), Steve Vai pindah ke California, ia mulai mengerjakan album pertamanya, “Flex-Able” . Pada tahun 1985 ia menggantikan posisi Yngwie J. Malmsteen sebagai gitaris di “Alcatraz”. Kemudian pada tahun 1985, ia bergabung dengan mantan vokalis “Van Halen”  David Lee Roth untuk merekam album “Eat 'Em and Smile” dan “Skyscraper”.  

Pada tahun 1989, Vai bergabung dengan “Whitesnake”, menggantikan Vivian Campbell. Vai juga bergabung di album Alice Cooper yang berjudul “Hey Stoopid (1991)”, bersama dengan Joe Satriani  (sebagian pendapat mengatakan; Joe Satriani adalah guru dari Steve Vai).

Selain permainan gitar yang unik, Steve Vai juga memiliki ciri khas tersendiri dari gitar yang sering ia gunakan, yaitu sebuah gitar Ibanez signature seri JEM yang terlihat garang namun juga anggun. Gitar khusus yang pada Fingerboard-nya terdapat gambar bermotif Floral, serta bagian bodi yang berlubang yang mempermudah Vai dalam memegang gitar.

Steve Vai mempunyai dua gitar  dari model Ibanez JEM yang diberi nama “Flo” dan “Evo”, untuk Flo, Vai menggunakan Sustaniac Pickup’s pada neck, dan D’marzio pada bridge dan middle.

Sebelum memulai solo karirnya Steve Vai Vai juga sempat bergabung dengan beberapa band dan musisi legendaris seperti Alcatrazz, David Lee Roth, dan juga Whitesnake. 

Solo Album

Beberapa album solonya adalah Passion and Warfare (1990), Alien Love Secrets (1995), Flex-Able Leftovers (1984), Fire Garden (1996), Ultra Zone (1999), The Seventh Song (2001), dan lain-lain. Dalam beberapa konser dan album solo karirnya, Steve Vai juga bekerjasama denga Billy Sheehan (eks. Bassis MR.BIG). 

Steve Vai juga pernah bergabung dengan G3 yang merupakan 3 Master gitar dunia bersama dengan Joe Satriani. Proyek yang merupakan suatu gebrakan dalam dunia gitar, G3 mendapat apresiasi dari para gitaris-gitaris di seluruh dunia.

Lagu "For The Love Of God" ada di posisi 29 kategori 100 solo gitar terbaik sepanjang masa versi majalah Guitar World.






Share this

Related Posts

Previous
Next Post »