Synster Gates Lead Guitarist Avenged Sevenfold, Shredder Pendatang Baru

Synster Gates Biography

Synster Gates, Syn, atau Brian Elwin Haner, Jr, adalah anak dari pasangan Brian Elwin Haner Sr. atau Papa Gates (pelawak dan gitaris professional) dan Jan Gera Ibu kandungnya.  Ibu tirinya, bernama Suzy Haner, (ahli hipnotis). Lahir pada 7 Juli 1981 di Huntington Beach, California, Amerika Serikat. Ia mempunyai dua orang adik, Brent, Johnny, dan McKenna.

Dengan menggunakan gitar pemberian kakeknya, Synyster Gates mulai mempelajari lagu pertamanya, yaitu lagu "Stairway to Heaven" karya Led Zeppelin. Synyster Gates sudah bisa menebak chord lagu dengan menggunakan pendengarannya sejak ia duduk di bangku kelas 6. Setelah diberi gitar oleh kakeknya, Synyster Gates mengatakan bahwa sekolah sudah tidak ada gunanya. Alhasil, Nilai bagusnya hanya bisa bertahan sampai ia duduk di kelas 4.

Avenged Sevenfold

Ketika berumur 18 tahun (1999) sebelum album Sounding The Seventh Trumpet dirilis, Synyster Gates bergabung dengan Avenged Sevenfold sebagai gitaris. Dia juga memainkan piano pada lagu "Beast and the Harlot" dan "Sidewinder". Synyster Gates menciptakan lagu pertamanya yang berjudul "So Far Away" untuk mengenang James Owen Sullivan atau The Rev sahabat sekaligus drummer Avenged Sevenfold, yang meninggal pada tanggal 28 Desember 2009. Setelah bergabung dengan Avenged Sevenfold, Synyster Gates sering mengajak ayahnya “Papa Gates, untuk mengisi track gitar akustik Avenged Sevenfold.

Walau terbilang gitaris pendatang baru, saat ini Synyster Gates sudah menjadi Fastest Guitarist of All Time ke-3 versi Guitar World dan menjadi Gitarist terbaik dunia ke-87 versi Guitar World. Dimebag Darrell, Slash dan John Petrucci adalah gitaris favorit dan yang mempengaruhi permainan gitar Synyster Gates. Selain Gitar ala musik Rock, Ia juga belajar gitar Jazz dengan cara melihat Django Reinhardt yang sedang bermain gitar.

Selain Avenged Sevenfold, Syn juga menjadi anggota band “Pinkly Smooth”, band sampingannya dengan The Rev, dan mantan bassist Avenged Sevenfold, “Justin Sane”. Namun, Pinkly Smooth harus bubar karena Synyster dan The Rev dituntut untuk fokus dengan Avenged Sevenfold. Synyster juga mengeluarkan clothing line bernama Syn Gates Clothing.

Proyek Sampingan

Walau terbilang muda, Syn merupakan gitaris yang berpengalama. Shredder muda ini sering menampilkan teknik-teknik arpeggio seperti Cacophony atau Iron Maiden. Bahkan di internet banyak beredar video bootleg Synyster saat bermain solo gitar.

Synyster Gates menikah Dengan Michelle DiBenedetto pada 7 May 2010 di Mexico. Istrinya adalah saudara kembar dari tunangan M. Shadows (vokalis Avenged Sevenfold), Valary DiBenedetto. Synyster Gates dan kekasihnya memelihara anjing yang diberi nama Pinkly.

Penampilan Synyster Gates identik dengan gitar Schecter. Pada album terakhir Avenged Sevenfold, "Hail to the King",  tampak Synster Gates menambahkan Sustaniac Pickup’s pada gitar Schecternya.

Synyster Gates juga sering bekerjasama dengan beberapa band dan musisi. Seperti, pembuatan video 'River' (Good Charlotte) 2007, Danny Elfman untuk pembuatan Soundtrack Score Wanted, dan bersama dengan ayahnya menulis dan merekam lagu untuk 'The Jeff Dunham Show'. Namun, Synyster Gates juga mempunyai impian untuk berkerjasama dengan Trevor Roy Dunn, Paul McCartney, dan Jonathan Taylor.


Synster Gates Lead Guitarist Avenged Sevenfold, Shredder Pendatang Baru





Synster Gates Gitaris Shredder Muda

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »