Dimebag Darrell Tentang Tokoh dibalik Groove Metal

Dimebag Darrell Biografi

Dimebag Darrell, atau Diamond Darrell, bernama asli Darrell Lance Abbott. Lahir pada 20 Agustus 1966. Dimebag Darrell adalah seorang gitaris  asal Amerika, penulis lagu dan dikenal sebagai pendiri dua band, Pantera dan Damageplan, bersama kakaknya, Vinnie Paul . Dia dianggap sebagai salah satu kekuatan genre groove metal.
pada 8 Desember 2004 Dimebag Darrell ditembak oleh seorang pria saat konser bersama Damageplan, di Alrosa Villa di Columbus, Ohio. Dia berada di peringkat No 92 di Rolling Stone magazine's 100 Greatest Guitarists dan menduduki peringkat No 1 di majalah Inggris, Metal Hammer.

Dimebag Darrell lahir dari pasangan Carolyn dan Jerry Abbott, seorang musisi negara dan produser. Sebelum ia menyukai gitar, Dimebag Darrell meminta orang tuanya untuk sepeda BMX. Dia membeli gitar pertamanya ketika ia berusia dua belas, Hondo Les Paul dan sebuah amplifier kecil. Setelah memenangkan serangkaian kompetisi gitar lokal, terutama yang diadakan di Teater Agora dan Ballroom di Dallas, Texas, Dimebag Darrell mendapatkan sebuah gitar Dean ML. Kemudian ia membawa gitar tersebut kepada Buddy Blaze (luthier), Blaze menyesuaikan bentuk neck gitar dengan tangan Darrell ,  ia juga memasang Floyd Rose bridge dan menghiasi gitar Darrell dengan Darrell signature lighting bolt paint. Blaze mengembalikan gitar tersebut  beberapa tahun kemudian sebagai hadiah. Dan kemudian gitar tersebut dikenal dengan nama "Dean from Hell".

Darrell juga memiliki Dean sunbrust yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan Darrell. gitar tersebut ia gunakan secara esklusif pada album "Vulgar Display Power" dan "Far Beyond Driven".
Ayahnya membelikannya sebuah cherry sunburst 79 Dean ML pada tahun 1981 dan beberapa hari kemudian ia memenangkan burgundy ML dalam sebuah kompetisi gitar. Dia kemudian menjual gitar ini untuk membeli mobil.

Pantera

Dimebag Darrell dan Vinnie Paul (Drummer) membentuk grup band Pantera pada tahun 1981, Band ber-genre thrash metal seperti Slayer, Megadeth, Venom, dan Metallica serta traditional metal, seperti Black Sabbath, Iron Maiden, Motorhead, dan Judas Priest. Tak lama setelah Phil Anselmo (Vokal)  bergabung Pantera, Darrell diundang oleh Dave Mustaine untuk bergabung dengan Megadeth. Darrell bersedia untuk bergabung, tetapi dengan syarat Mustaine harus memposisikan saudaranya Vinnie pada drum. Namun Dave Mustaine sudah mempunyai seorang drummer Nick Menza, akhirnya, Darrell pun tetap tinggal bersama Pantera.

Pantera resmi menjadi kunci dari genre  groove metal Pada album pertama Cowboys from Hell (1990), album yang terbilang sukses secara komersial. Gaya "groove" Pantera kembali mendominasi di album yang Vulgar Display Power (1992). Pada album Far Beyond Driven (1994), dalam album ini dapat kita temukan pergantian vokal ala falsetto power metal dengan teriakan ala hardcore dan suara gitar yang lebih berat. dalam album-album tersebut, Darrell, masih menggunkan nama "Diamond Darrell", dan berganti nama sebagai "Dimebag Darrell" Pada malam sebelum konser Pantera di Monster of Rock di Inggris Donington Park, dimana saudara Darrell terlibat dalam pertengkaran di sebuah klub lokal dengan wartawan dari majalah Kerrang! Dan Raw.
Di pertengahan tahun 1990-an Pantera mulai retak, akibat dari ketegangan antara anggota band, namun, sebagian besar alas an karena vokalis Phil Anselmo memakai narkoba.

Pada tahun 1992, Pantera bekerja sama dengan Rob Halford (dari Judas Priest) untuk lagu yang berjudul " Light Comes Out of Black". Darrell memainkan semua bagian gitar bersama Rex Brown pada bass, Vinnie Paul pada drum, Rob Halford vocal utama, dan Philip Anselmo sebagai backing vokal. Lagu ini adalah soundtrack dari Buffy the Vampire Slayer yang dirilis pada   pada tanggal 28 Juli 1992. Pada tahun 1996, Darrell bekerjasama dengan Ace Frehley pada lagu " Fractured Mirror " album Spacewalk: A Salute To Ace Frehley. Pada tahun 1997 Darrell kembali bekerjasama dalam album tribute Ace Frehley yang baru berjudul Return Of The Comet: A Tribute to Ace Frehley.

Dimebag Darrell juga memainkan part solo gitar pada beberapa lagu band Anthrax era John Bush, seperti lagu  "King Size" dan " Riding Shotgun " dari album Stomp 442, "Inside Out" dan "Born Again Idiot" dari album Volume 8: The Threat Is Real, " Strap It On " dan " Cadillac Rock Box ". Dalam sebuah wawancara, bassis Anthrax; Frank Bello, mengatakan "Pada dasarnya, Darrell adalah anggota keenam Anthrax". Sebuah sampel dari gitar solo Dimebag Darrell digunakan dalam Nickelback pada lagu  "Side of a Bullet", Darrell juga bekerjasama dalam lagu Elton John yang di cover oleh Nickelback, "Saturday Night's Alright for Fighting"  bersama dengan Kid Rock.

Pada tahun 1999, Pantera membuat sebuah lagu untuk tim hoki es favorit mereka, Dallas Stars, berjudul 'Puck-Off'. Namun Lagu ini baru dirilis pada tahun 2003 di album 'Dallas Stars: Greatest Hits'. Pada tahun 2000, Abbott memainkan solo gitar dalam album Believer , album tribute untuk Randy Rhoads. dengan Sebastian Bach sebagai vokalis, Kane Roberts ritem gitar, Michael Cartellone pada drum, dan bass oleh Mike Bringardello.

Pada tahun 2001, Anselmo bekerja pada proyek sampingan, bersama Superjoint Ritual and Down. Hal ini menyebabkan lebih banyak gesekan di dalam band, Vinnie Paul terus membujuk Anselmo untuk bergabung dengan Pantera lagi. Karena mereka frustrasi dengan Anselmo akhirnya, mereka memutuskan untuk membubarkan Pantera pada tahun 2003.

Damage Plan

Selang satu tahun bubarnya Pantera, Dimebag Darrell dan kakaknya membentuk Damageplan, sebuah band heavy metal yang masih kental dengan suara gitar yang berat ala Pantera. Mereka merekrut Halford (gitar) Pat Lachman (vocal), dan Bob Zilla (bass). pada 10 Februari 2004 Damageplan merilis album debut  "New Found Power"  di Amerika Serikat, album ini berhasil berada di urutan 38 di Billboard 200, dan terjual sebanyak 44.676 kopi hanya dalam waktu seminggu sejak album ini dirilis.. 

Kematian 

Pada tanggal 8 Desember 2004, Darrell ditembak panggung saat konser bersama Damageplan di Alrosa Villa di Columbus, Ohio. Oleh seorang mantan marinir, Nathan Gale (25 tahun) menggunakan pistol Beretta 92FS caliber 9 mm. Gale menembak Darrell sebanyak tiga kali tepat di kepalanya. saat tembakan pertama, beberapa penonton mengira bahwa penembakan itu adalah bagian dari konser, namun, mereka curiga sebab Gale masih terus menembaki Darrell, dan akhirnya penonton sadar bahwa tembakan itu bukan bagian dari konser. Setelah melepas total lima belas tembakan, Gale menewaskan empat dan melukai tujuh lainnya.
Jeff "Mayhem" Thompson, kepala keamanan band, tewas ketika berusaha menangkap Gale. Nathan Bray ( penonton)  tewas ketika mencoba untuk melakukan CPR (prosedur emergenci) pada Abbott dan Thompson. Ada rumor bahwa salah satu penonton melompat di depan pria bersenjata itu (Gale) untuk menyelamatkan nyawa anggota band. Teknisi drum Damageplan John "Kat" Brooks, juga terkena tembak sebanyak tiga kali ia berusaha untuk merebut senjata itu dari Gale.

Sebanyak tujuh orang polisi masuk melalui pintu depan dan bergerak menuju panggung. Petugas James Niggemeyer masuk melalui pintu belakang bergerak kearah belakang panggung. Gale hanya melihat petugas yang ada di depan panggung; ia tidak melihat Petugas Niggemeyer, yang dipersenjatai dengan  Remington 870 kaliber 12 . akhirnya, Petugas Niggemeyer mendekati Gale dari sisi berlawanan dari panggung untuk menghindari sandera dan melepaskan satu tembakan tepat saat Gale memandang ke arah Niggemeyer, Niggemeyer  terus menembak tepat di wajah Gale sebanyak delapan kali, Gale pun terbunuh seketika.

Dua orang fans melakukan CPR pada Darrell sampai paramedis tiba, Namun, Darrell dinyatakan meninggal di tempat kejadian.
Ada sebuah teori yang menyatakan bahwa, Gale adalah penggemar berat Pantera, mungkin ia marah karena pecahnya Pantera, atau karena perseteruan antara Darrell dan Phil Anselmo, tetapi teori ini kemudian ditepis oleh penyidik. Teori lain menyatakan bahwa Darrell telah mencuri sebuah lagu yang telah ditulis oleh Gale. Sekitar 6 bulan sebelum penembakan itu, Gale masuk ke sebuah perkelahian di sebuah konser Damageplan di Cincinnati.

Pada bulan Desember 2006, sebuah lagu kolaborasi langka ditemukan. Sebuah lagu karya Dimebag Darrell yang bekerjasama dengan musisi local Dallas "Throbbin Donnie" Rodd dan merekam lagu " Country Western Transvestite Whore ".  dalam lagu tersebut Darrell sebagai lead guitar dan vokal.  Dimebag Darrell, Vinnie Paul dan Rex (selama Era Pantera) dan bersama Bob Zilla (di Era Damageplan) selalu melakukan pesta tahun baru mereka dengan konser bertajuk " Gasoline ", awalnya nama kelompok ini “Dimebag dan Vinnie plus” Thurber T. Mingus dan  Stroker dari “Pumpjack” .

Music Influence

Darrell, Vinnie dan Rex juga merekam cover lagu dari ZZ Top, seperti  lagu " Heard It on the X " dengan nama band "Tres Diablos" untuk ECW (gulat) . Pada tahun 2012, trek yang belum pernah dirilis sebelumnya, "twisted", dengan Darrell pada vokal dan gitar, digunakan dalam video promosi untuk Elephant (Merek Skateboards).
Dalam berbagai wawancara, Dimebag Darrell menyatakan bahwa riff-nya sebagian besar dipengaruhi oleh Tony Iommi (Black Sabbath).  Iommi juga mempengaruhi gaya tone and tuning gitar nya yang sering bernada dasar D atau lebih rendah. Pantera juga meng-cover bebrapa lagu dari Black Sabbath. Seperti lagu " Planet Caravan ", " Hole in the Sky " dan "Electric Funeral". Eddie Van Halen juga berpengaruh besar dalam permainan gitar Dimebag Darrell. Darrell mempelajari lagu "Eruption" nada demi nada dan lagu ini Ia mainkan hamper setiap hari.

Pete Willis  (Def Leppard) juga mempunyai pengaruh besar bagi Darrell. Dalam majalah Guitar World , Darrell berkata; "Album Def Leppard yang pertama benar-benar macet, padahal gitaris asli mereka (Pete Willis) adalah seorang gitaris yang hebat”.
Pada akhir 1980-an, era genre Power Metal, Dimebag Darrell sering men-cover lagu dari Joe Satriani, seperti lagu "Crushing Day". Ia juga memasukkan unsur permainan Joe Satriani, seperti lagu "Echo", ke live guitar solonya. Darrell mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Guitar World bahwa chord di intro lagu "Cemetery Gates" dipengaruhi oleh chord yang banyak ditemukan di lagu Ty Tabor 's (King’s X). Seperti halnya Billy Gibbons, Darrell sering memanfaatkan pentatonic scale dan pinch harmonics disetiap solo dan rithem gitarnya.

Prestasi

Tiga solo gitar dari Darrell  masuk dalam kategori 100 sepanjang masa versi majalah Guitar World Top 100 of all-time pada lagu: "Walk" (peringkat no. 57), "Cemetery Gates" (No. 35), dan "Floods" (No. 15). Darrell menyatakan bahwa"Eddie Van Halen adalah heavy rock and roll, tapi Randy adalah heavy metal".

Eddie Van Halen adalah teman dekat Darrell. Eddie mempunyai sebuah gitar berwarna hitam dengan garis-garis kuning (biasa disebut " bumblebee” dari produsen gitar Charvel. Semasa hidupnya, Darrell mengatakan pada Eddie bahwa warna gitar Bumblebee adalah kombinasi warna favoritnya, dan beberapa bulan sebelum kematian Darrell, Eddie telah mengizinkan Darrell untuk menyalin warna-warna tersebut. Setelah mendengar tragedi kematian Darrell, Eddie menawarkan untuk menempatkan original gitarnya (Bumblebee ) kedalam peti mati Darrell. Menurut pacar Darrell Rita, Van Halen menyatakan: " Dime was an original and only an original deserves the original! ".  Vinnie Paul juga mengatakan "If he had known he would be buried with this guitar, he would have said 'shoot me now!'".
Dimebag Darrell di endorse oleh Dean Guitars sejak tahun1980-an. Cintanya pada gitar karya Dean Guitars dimulai pada saat ia masih muda. setelah Dean Guitars telah ditutup, ia bekerja sama dengan Washburn gitar untuk menciptakan sebuah gitar seperti Dean ML yang sering ia gunakan. Setelah Kontraknya dengan Washburn berakhir. Ia kembali bekerjasama dengan Dean Guitars yang telah dibuka kembali dengan Darrell. Namun, sebelum ia sempat menandatangani kontrak dengan Dean, produsen gitar favorit seumur hidup, kematian pun lebih dulu mendatanginya.
Dimebag Darrell mempunyai beberapa koleksi gitar yang lain, seperti  blue Hamer ML, white ML from 1984, red ML untuk pembuatan video lagu 'This Love', dan dua gitar  Jackson Rhoads.

Gitar “Dean From Hell” milik Darrell menggunakan  Bill Lawrence guitar pickup.  Namun, Perusahaan Pickup ternama; Seymour Duncan juga membuatkan pickup signature untuk Darrell yang bernama “Dimebucker”, model setelah original Bill Lawrence pickup L-500XL. Setelah pabrik Dean ditutup pada tahun 1994 ia menandatangani kontrak dengan Washburn, namun, ia kembali ke Dean lagi pada tahun 2004.

Beberapa bulan sebelum kematiannya Dimebag Darrell merancang gitar bernama “Razorback”, gitar tersebut adalah versi modifikasi dari DeanML. Gitar yang lebih runcing dan memiliki duri tambahan di sayap. beberapa variasi juga ditambahkan pada Razorback, seperti 24-fret, cat yang berbeda, maple top, menggunakan EMG pickup, dan juga di-desain dengan versi berbentuk V “Razorback V”.

Permainan Darrell banyak dipuji para gitaris karena pemilihan nada instrumentalnya. sehingga Darrell termasuk dalam "The 50 Greatest Tones of All Time" versi majalah Guitar Player . ramah pada para fans, Darrell digambarkan oleh Allmusic sebagai "salah satu gitaris yang paling berpengaruh dalam genre metal modern.




Dimebag Darrell Tokoh Dibalik Genre Groove Metal
Dean from Hell



Dimebag Darrell Tokoh Dibalik Genre Groove Metal
Razorback V

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »