15 Fakta Unik Ludwig Van Beethoven

Fakta Unik Beethoven


Beethoven adalah salah satu komposer besar yang sukses dalam karir bermusiknya. Dibalik kesuksesanya dan ketenaranya, ternyata Beethoven terbilang gagal dalam urusan cinta. Semasa hidupnya ia juga mempunyai beberap kebiasan unik, seperti :

  1. Beethoven merupakan 7 bersaudara. Empat diantaranya meninggal saat masih kecil dan hanya 3 yang bertahan hidup. Dari 3 orang tersebut, Beethoven adalah yang tertua.
  2. Beethoven melakukan konser musik pertamanya saat masih berusia 7,5 tahun. Tepatnya pada tanggal 26 Maret 1778.
  3. Beethoven mendapat sebagian besar ilmu dan pengalaman bermusiknya di Wina, Austria. Namun ia juga pernah berguru pada beberapa musisi besar. Seperti, Joseph Haydn, Albrechtsberger, Gottlob Neefe, Salieri, dan Mozart. 
  4. Beethoven menerbitkan karya pertamanya pada tahun 1782 saat masih berusia 12 tahun. Sebuah karya yang berisi 9 variasi Piano yang bernada dasar C minor.
  5. Beethoven memiliki kebiasan unik, saat menulis musik, ia selalu menuangkan  air es di  kepalanya.
  6. Selama hidupnya, Beethoven hanya pernah mengkomposisi sebuah opera klasik dengan nama Fidelio, yang diakui sebagai salah satu karya paling klasik dan berpengaruh sepanjang masa.
  7. Pada tahun 1811, Setelah ia gagal membawakan komposisi “Piano Concerto No 5”. Beethoven memutuskan untuk berhenti tampil didepan publik. 
  8. Setelah sepenuhnya kehilangan kemampuan mendengarnya, Beethoven berkomunikasi dengan tulisan. Buku yang digunakannya sebagai media komunikasi tersebut terkumpul hingga 400 buku; dan 264 buah diantaranya dihancurkan setelah kematiannya.
  9. Beethoven merupakan musisi pendatang yang sangat dicintai oleh masyarakat Wina. terbukti ia menjadi musisi pertama yang mendapatkan hibah tahunan sebesar 4000 florin dari pemerintah setempat; supaya ia tidak meninggalkan Vienna (bhs. Latin Wina) 
  10. Beethoven merupakan seorang pecandu kopi, ia menggunakan kurang lebih 60 biji kopi hanya untuk menyedu secangkir minuman berkafein tinggi tersebut.
  11. Beethoven juga dikenal dengan sifat temperamental-nya. Ia beberapa kali menghentikan konser musiknya, karena ia menganggap para audien tidak memberikan perhatian penuh kepadanya.
  12. Beethoven termasuk orang yang tidak pernah memperhatikan penampilanya.  Pernah suatu ketika ia ditangkap oleh beberapa polisi dikarenakan rambut dan bajunya yang acak - acakan.
  13. Pada tahun 1812, Beethoven menulis sebuah surat cinta yang ia tujukan untuk ‘The Immortal Beloved". Pujaan hatinya yang hingga kini masih merupakan misteri. 
  14. Beethoven meninggal Pada 29 Maret 1827, dan proses pemakamanya dihadiri oleh hampir 30.000  pelayat.
  15. Beethoven merupakan komposer pertama yang dibuatkan sebuah monumen. Monumen tersebut dibangun di Jerman dan diresmikan pada bulan Agustus 1845.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »