Biografi Ludwig Van Beethoven

Biografi


Beethoven atau Ludwig van Beethoven adalah salah satu tokoh berpengaruh dalam sejarah musik Klasik. Tepat pada tanggal 17 Desember 1770, ia dibaptis di Bonn (sebuah kota di Nordrhein-Westfalen, Jerman). Berkat ketilitian dan dorongan dari ayahnya, Johann van Beethoven, sepanjang hidupnya, selama rentang 56 tahun, Beethoven telah menghasilkan beberapa karya- karya besar yang original dan berkualitas, meliputi, 32 sonata piano, 9 simfoni, 5 piano concerto, 10 sonata piano dan biola, dan masih banyak lagi. Diantara karya besarnya adalah Fure Elise, Moonlight Sonata, Symphony No. 9 "Ode an die Freude", dan lain-lain.

Untuk memperdalam ilmu bermusiknya, Beethoven sempat berguru kepada beberapa musisi besar musik klasik pada waktu itu. Seperti, Mozart.

Tahun 1792 Beethoven menetap di Wina, Austria, kota yang melahirkan beberapa musisi besar musik klasik, Di kota inilah Beethoven berguru kepada musisi besar Josepfh Haydn.

Berkat selera musik dan ketelitiannya dalam memilih nada, Di pertengahan umur dua puluh tahun, Beethoven sudah menerbitkan buku musik ciptaanya. Namun mulai saat itu pula, Beethoven mulai merasakan masalah pada pendenganya. Dan perlahan ia pun menjadi tuli.

Tahun 1802-1815 (tahun pertengahan karir bermusiknya) Beethoven harus beristirahat karena penyakitnya yang dideritanya semakin parah. Ia bahkan mulai kesulitan untuk mendengar sehingga kepercayaan dirinya mulai menurun. Sejak saat itu, Beethoven mulai menutup diri dan benar-benar menjadi seorang yang tuna rungu. Namun, dengan kondisi pendengaran yang bermasalah, Beethoven tetap berusah untuk menghasilkan karya - karyanya.

Di usia empat puluh tahun, pendengaran Beethoven sudah sama sekali tidak berfungsi. Akibatnya, dia tak pernah lagi tampil di muka umum dan semakin menutup diri dari orang lain. Dan Hasil karyanya pun semakin sulit dipahami.

Ciptaanku ini bukanlah untukmu tetapi untuk masa sesudahmu

Pernyataan Fenomenal Beethoven pada seorang kritikus musik


Pada tahun 1827, saat usinya menginjak tahun yang kelima puluh tujuh, Beethoven meninggal dunia, di Wina, Austria. Namun hingga saat ini, karya - karya Beethoven masih diperdengarkan diseluruh plosok dunia.

Tema Musik 


Karya Beethoven merupakan perpaduan sempurna dari emosi, kreativitas dan keindahan. Secara tidak langsung melalui karyanya, Beethoven menyatakan bahwa musik instrumental tak bisa dianggap seni rendahan. Dan ini bisa dibuktikan melalui komposisi musik yang telah disusunnya, yang telah mengangkat jenis musik instrumental ke tingkat nilai seni yang tertinggi.

Salah satu mahakarya Beethoven yang terkenal adalah Fur Elise. ( dalam bahasa Jerman berarti “Untuk Elise"). Sebenarnya, nama Fure Elise adalah nama yang populer untuk “Bagatelle in A minor”, sebuah solo piano karya Ludwig van Beethoven yang ditulis di tahun 1810. 

Hingga saat ini "Elise" yang dimaksud oleh Beethoven dalam lagunya masih merupakan misteri. Beberapa peneliti mengatakan bahwa pada mulanya karya tersebut berjudul “Für Therese” , wanita yang ingin dinikahi Beethoven pada tahun 1810. Sayangnya, Therese menikahi pria lain sebelum Beethoven mengungkapkan perasaan cinta kepadanya. 

Therese Malfatti von Rohrenbach zu Dezza.(1792-1851) adalah puteri dari saudagar dari Wina, Jacob Malfatti von Rohrenbach (1769-1829). Ketika karya tersebut dipublikasikan tahun 1865, Ludwig Nohl (penulis dan penerbit karya Beethoven, "Für Elise"), salah menyalin judulnya sehingga menjadi “Für Elise” dan autographnya pun hilang

Beethoven Pengarang Fure Elise, Biografi Lengkap
Monumen Ludwig Van Beethoven

Share this

Related Posts

First