Biografi Paul Gilbert Gitaris Master Alternat Picking

Paul Gilbert Biografi

Paul Gilbert atau Paul Brandon Gilbert lahir di Carbondale, Illinois, USA, pada tanggal 6 November 1966. Ia dikenal sebagai gitaris grup musik Mr. Big dan Racer X di samping itu, ia juga merilis beberapa album solo serta berkolaborasi dengan banyak musisi.

Paul Gilbert memiliki beberapa gitar signature series dari Ibanez, seperti; "Fireman", "PGM". Gitaris yang ber-background musik rock ini merupakan salah satu Master gitar seperti halnya Steve Vai, Yngwie Malmsteen, John Petrucci dan lainnya. Permainan gitarnya sangat menginspirasi bagi banyak gitaris-gitaris didunia.

Salah satu teknik yang menarik perhatian dari Paul Gilbert adalah permainan alternate picking-nya yang, powerfull, akurat, dan sangat bersih dan juga pemilihan nada yang khas ala Paul Gilbert. 

Saat usianya menginjak 17 tahun (1986-1987), Paul Gilbert menggegerkan dunia gitaris dengan teknik alternate picking-nya yang terbilang sempurna, dan tergolong sebagai salah satu pemain gitar tercepat di dunia, ketika itu Paul Gilbert masih tergabung dengan group band Racer X.

Paul Gilbert mulai mempelajari gitar pada usia 5 tahun (1971), 10 tahun berikutnya (1981) Paul Gilbert mengirim demo rekamannya ke produser Mike Varney, di luar dugaannya Mike Varney sangat mengagumi permainannya.

Tahun 1984, Paul Gilbert pindah ke LA dan melanjutkan sekolah gitarnya di GIT (Guitar Institute of Technology). Kini Paul Gilbert telah menjadi salah satu instruktur di sekolah gitar ini.

Pada tahun 1986 Paul Gilbert bergabung dengan band pertamanya Racer X dengan album debutnya "Street Lethal", "Second Heat" (1987) & "Live! Extreme Volume" (1988).

Pada tahun 1989 Paul meninggalkan Racer X dan bergabung dengan group MR.BIG. Band yang beranggotakan Billy Sheehan (bass), Eric Martin (vocal) dan Pat Torpey (drum).

Paul Gilbert meluncurkan album berikutnya: "Live! Raw Like Sushi" (1990), "Mr Big - Lean into it" (1991), "Mr.Big - San Francisco Live" (1992), "Racer X - Live Extreme Volume 2" (1992), "Mr.Big - Bump Ahead" (1993), "Mr.Big - Live! Raw Like Sushi 2" (1994), "HEY MAN" & " The best of MR.BIG" (1996), "Hard Rock Cafe", " Live At Budokan " & solo " King of Club" (1997)

Salah satu lagu MR. BIG dari album "Lean Into It", To Be With You, menduduki posisi pertama di majalah Billboard USA selama 3 minggu.

Pada tahun 1998 Paul Gilbert tampil pertama kali di Jepang dengan solo albumnya. Ia meluncurkan album solo "Flying Dog". Tahun 1999.Kemudian Paul Gilbert kembali ke Jepang dan meluncurkan album solo kedua "Beehive Live" dan album ketiga Racer X "Technical Difficulties".

Tahun 2003 Paul Gilbert merilis album "Burning Organ", Album ini masuk ke label Indonesia di bawah naungan Staria Enterprise. Namun pada album berikutnya, Acoustic Samurai, Paul Gilbert tidak lagi di label Staria Enterprise, melainkan di label Variant Music. Pada album "Spaceship One" Paul Gilbert menggelar promo tur hingga ke Indonesia.


Biografi Paul Gilbert Gitaris Master Alternat Picking

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »