James Hetfield



Biography

James"Alan"Hetfield, Lahir pada tanggal 3 Agustus 1963 di Downey, California USA, James adalah seorang Gitaris, vokalis, penulis lagu, produser. Hetfiled mempunyai beberapa band, seperti; Metallica, Spastik Children, Leather Charm, Phantom Lord, Syrinx, Obsession. Namun, dari beberapa band tersebut, Metallica-lah yang berhasil membesarkan namanya.
James Hetfield rhythm gitaris dan vokal, penulis lagu utama untuk band Heavy Metal “Metallica”. Ia  bersama sahabatnya; Lars Ulrich (drummer) Membentuk Metallica pada Oktober 1981.
James berada di peringkat 8 dalam buku Joel McIver , The 100 Greatest Guitarists (2009), dan di peringkat 24 oleh Hit Parader dalam daftar 100 Vokalis Metal Terbesar sepanjang masa.



James Hetfield, adalah seorang berdarah campuran  Jerman, Inggris, Irlandia dan Scotlandia. Ia mempunyai  dua kakak laki - laki (tiri) dari pihak ibu, dan satu adik (kandung) perempuan.

James sekolah SMA di Downey High School (hanya selama 2 tahun), karena kematian sang ibu, ia harus pindah ke SMA di Orange County’s Brea Olinda High School dan lulus pada tahun 1981.

James Hetfield lahir dari pasangan  Virgil (ayah), seorang  supir truk. Dan Cynthia (ibu), seorang penyanyi opera. Saat usia James 13 tahun, Ayahnya pergi meninggalkanya.


James Hetfield lahir dari keluarga penganut Kristen Scientist yang taat, (Kristen yang  berkeyakinan bahwa pengobatan medis adalah haram), oleh karena itu, saat ibunya menderita kanker, mereka berserah kepada Tuhan untuk kesembuhannya. Kondisi tersebut mengganggu jiwa James, dan menginspirasinya untuk  membuat lagu The God That Failed.

Akhirnya, pada  tahun 1979, saat usia James 16 tahun,  sepeninggal ibunya, James tinggal bersama  kakak tirinya David. Dan pada saat Metallica tur album Load tahun 1996, Virgil, sang ayah, meninggal dunia.



Metallica

Saat usianya 9 tahun, James mulai mempelajari musik dengan mengikuti kursus piano, belajar drum milik sang kakak, David, dan akhirnya saat usianya 14 tahun,  James memutuskan untuk bermain gitar bersama Robert Okner. Sejak saat itu James mulai tergabung dengan beberapa band, seperti; “Obsession(James hengkang dari band ini, karena menolak lagu ciptaannya. Alasan ini diungkapkanya dalam wawancara dengan Howard Stern, 2013), Syrinx, Phantom Lord, kemudian Leather Charm” ,  dan “Metallica”.



James menyatakan bahwa; Aerosmith adalah band yang mempengaruhinya dan inspirasinya untuk main gitar. Beberapa Band lainjuga diakuinya memberi pengaruh besar padanya, seperti: Led Zeppelin, Black Sabbath, AC/DC, Motorhead, Thin Lizzy, Ted Nugent dan Deep Purple.

Untuk band non-metal, James menyebut bahwa “The Beatles” lah pengaruh terbesarnya.

Rekaman yang pertama kali dia beli adalah single “Sweet Home Alabama” dari Lynyrd Skynyrd.



Sejak pembentukan Metallica bersama Lars Ulrich (drum), James- lah yang menciptakan logo - logo band tersebut dibentuk hingga kini, termasuk desain scary guy”, gambar tengkorak berjambul. James juga ikut berperan dalam pembuatan sebagian besar desain cover album-album Metallica.



Pada era awal Metallica, James bereksperimen dengan beberapa vokalis dan gitaris untuk membentuk band yang mirip dengan Diamond Head. Namun, sebelum kehadiran Ron McGovney sebagai bassist dan Dave Mustaine sebagai gitaris, saat Metallica membuat demo lagu pertama Hit The Lights untuk mengisi album kompilasi Metal Massacre 1, James harus mengisi bagian vokal, rythm gitar, dan bass. Lars Ulrich pada bagian drum dan Lloyd Grant mengisi solo gitar.

James mengikuti kursus vokal untuk pertama kali setelah mengalami gangguan vokal (dalam tur album Metallica) setelah membawakan cover lagu Anti-Nowhere League, So What!”.



Tragedi yang menimpa James Hetfield

Saat Live konser 8 Agustus 1992, sebagian tubuh, muka, dan lengan kirinya terbakar oleh pyrotechnique yang mengakibatkan dihentikanya konser, dan selama 4 minggu James jadi vokalis penuh, sedangkan posisi gitar rhythm diganti oleh guitartech (asisten) Kirk Hammett, John Marshall (kemudian menjadi anggota band Metal Church).



James pernah masuk rehabilitasi selama 7 bulan, karena kecanduan alkohol selama 7 bulan (Dalam proses pembuatan album St. Anger tahun 2001), Sejak saat itu dia memutuskan untuk berhenti minum alkohol dan bergaya hidup sehat.



Pada tanggal 4 April 2009, James bersama seluruh anggota band menerima anugerah Rock and Roll Hall of Fame. Dalam interview-nya, James mengatakan bahwa semua orang yang pernah terlibat dalam Metallica harus ikut diakui sebagai Hall of Fame.



Selain bermain musik, James mempunyai hobi; berburu, skateboard , snowboard, jet ski, modifikasi mobil dan motor. Selain menjadi fan Oakland Raiders American Football, James juga tercatat sebagai anggota resmi National Rifle Association (asosiasi penembak nasional).

Karena James mempunyai hobi olahraga ekstrim,  tulang lengannya retak saat bermain Skateboard, yang berakibat dibatalkanya show Metallica.



Dalam pembuatan videoklip I Disappear”, James menjual mobil Chevrolet Camaro tahun 1968 di eBay. Setelah memodifikasi beberapa bagian, dan menggunakanya selama 3 tahun. Lelang online Chevrolet Camaro-nya menembus angka 120.000 USD, namun harga terakhir adalah 70.000 USD, setelah  ebay membatalkan beberapa penawar.

Dalam lelang online tersebut pembeli mendapat bonus berupa 3 buah foto ukuran 8 x 10 inchi, cuplikan syuting videoklip I Disappear”  yang ditandatangani oleh James Hetfield. Dan Hasil penjualan tersebut disumbangkan ke program Music for School.



Tatto dan Keluarga

James Hetfield mempunyai beberapa tatto, tatto pertamanya adalah saat berusia 37 tahun (di lengan kirinya).  Walau terbilang telat, tato bergambar api yang menyelimuti 4 kartu remi (as /1, 9, 6, dan 3), yang mewakili tahun kelahirannya,  serta tulisan “Carpe Diem”, menurutnya, Api tersebut melambangkan insiden pyroteknik saat konser di Montreal Canada 8 Agustus 1992, tatto tersebut sangat berarti baginya.

Tato huruf M (Metallica), Di tangan kananya (dekat jempol), dan F di tangan kiri untuk Francesca, nama istri yang membantu dalam proses pendewasaan diri dan manajemen emosinya menjadi lebih konstruktif.

James menikahi Francesca pada17 Agustus 1997. Selain inisial nama sang istri, James juga men-tatao inisial nama anak-anaknya di dada (Cali, Castor dan Marcella).

Pada 30 Juli 2004, dalam wawancara radio dengan Howard Stern, James mengungkapkan bahwa pertemuan dengan Francesca terjadi saat tur. Wanita berkebangsaan Argentina, bernama asli Francesca Tomasiadalah salah satu kru bagian kostum dan konsumsi. “Dia wanita yang memang kucari, kami seperti teman, dia wanita yang mandiri dan tidak peduli dengan ketenaranku.”



James pernah menjadi narasumber dalam sebuah film dokumenter berjudul Absent, karya Justin Hunt. Film ini menceritakan tentang efek ketidakhadiran seortang ayah terhadap anak-anak, dan luka yang disebabkan karena ketidakhadiran itu.

Dalam film tersebut, James menunjukkan beberapa lagunya tentang ungkapan kekecewaan atas kepergian ayahnya dan meninggalnya sang ibu; ”Dyers Eve, ‘The God That Failed, Mama Said, dan All Within My Hand.

James Hetfield Tokoh band Metallica
sumber gambar dari www.musiclipse.com

James Hetfield Tokoh band Metallica
sumber gambar dari pinimg.com

dari berbagai sumber

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »