Pantera Band Diskografi


Pantera Diskografi

Pantera band asal Arlington, Texas. Band Heavy Metal ini dibentuk pada tahun1981, dan Pantera disebut-sebut sebagai salah satu pelopor genre musik groove metal.

Band yang mulanya bernama Pantera’s Metal Magic adalah gagasan dari dua bersaudara – Vinnie Paul dan Dimebag Darrell, pada saat itu masih menggunakan nama panggung “Diamond Darrell”, dan Terry Glaze (pada saat itu berposisi sebagai gitaris). dan dua anggota tidak resmi, yakni; Donnie Hart (Vokal), dan Tommy Bradford (Bass).


Tepat Pada tahun 1982, nama Pantera’s Metal Magic resmi diganti dengan Pantera. Namun, setelah resmi berganti nama “Pantera”, Donnie Hart memutuskan untuk hengkang dari Pantera (1982), dan posisinya digantikan oleh Terry Glaze. Darrell pun menjadi satu-satunya gitaris dalam band tersebut. Di tahun yang sama, Bradford juga keluar dari Pantera, dan posisinya sebagai basis digantikan oleh Rex Brown.

Walaupun sering disebut sebagai band bergenre Trash Metal. Namun, sebenarnya Pantera memulai karir sebagai band Glam Metal.
 

Pantera  Diskografi

Era Glam Metal

Di tahun-tahun awal karirnya, bisa dikatakan Pantera merupakan band yang tidak popular. hingga pada saat menginjak tahun yang ke 9 (1990) terhitung mulai dari band ini dibentuk (1981), Pantera merilis album “Cowboys from Hell” yang meledak di pasaran. Sebenarnya, sebelum album Cowboys from Hell, Pantera sudah merilis 4 album. Namun karena terbilang gagal, keempat album tersebut tidak dianggap sebagai bagian resmi diskografi mereka, dan sangat sulit ditemukan dipasaran.

Album Pantera

Metal Magic (1983), Projects in the Jungle (1984), I Am the Night (1985), Power Metal (1988), Cowboys from Hell (1990) Platinum, Vulgar Display of Power (1992) Double platinum, Far Beyond Driven (1994) Platinum, The Great Southern Trendkill (1996) Platinum, Reinventing the Steel (2000) Gold.

Album “Metal Magic” (1983 ) merupakan album pertama Pantera, yang dirilis oleh indie label yang bernama Metal Magic. Proses perekaman album ini dilakukan di Pantego Studios, dan diproduseri oleh Jerry Abbott, paman dari Abbott bersaudara, yakni; Vinnie dan Darrell.

Pada tahun 1984, Pantera merilis album kedua yang berjudul “Projects in the Jungle”. Album tersebut dirilis di bawah label dan produser yang sama dengan album Pantera yang pertama.

Kemudian Pantera merilis “I Am the Night” (1985). Album ini disebut-sebut sebagai album terakhir era Glam Metal-nya Pantera.


Era Trash Metal

Pada tahun 1986 - 1987 genre Trash Metal mulai dirasakan dalam musik-musik Pantera. Arah perubaha Pantera tidak bisa terlepas dari naiknya popularitas Thrash Metal pada saat itu, Metallica dengan album Master of Puppets-nya, album Reign in Blood –nya Slayer, Among the Living (Anthrax), dan Peace Sells  (Megadeth) ikut mempengaruhi genre music Pantera. Karakter suara vocal Glaze yang sangat glam pun mulai dirasa tidak cocok untuk Pantera, hingga pada akhirnya Glaze memutuskan untuk hengkang dari Pantera yang mulai ber-genre Trash Metal. Pantera mulai mencari vokalis lain, dan terpilihlah Phil Anselmo tepat pada tahun 1987. Namun, sebelum Phil Anselmo bergabung, Pantera sempat bergonta-ganti vokalis, seperti; Matt L’Amour, Dave Peacock, dan Rick Mythiasin.

Setahun setelah bergabungnya Phil Anselmo, Pantera merilis album berjudul “Power Metal” (1988,  album terakhir yang di rilis secara indie oleh Pantera. Dalam album ini Pantera  mencoba memadukan genre Hard Rock dan Thrash Metal .

 

Genre Groove Metal

Pada tahun 1989, Pantera mulai bekerja sama dengan Walter O’Brien, manajer Pantera hingga Pantera resmi dibubarkan pada tahun 2003. Setelah beberapa kali ditolak oleh major label (sebagian sumber mengatakan 28 kali), akhirnya Pantera diterima oleh Atco Records. Bersama Label inilah Pantera merilis album yang sangat popular, “Cowboys from Hell”  (1990). Album ini diproduseri oleh Pantera dan Terry Date.

Pada bulan September 1991, Pantera tampil bersama band metal terkenal, Metallica dan AC/DC dalam sebuah tur yang bertajuk ‘Monster in Moscow’, konser yang disebut-sebut sebuah perayaan atas kedatangan band-band Barat di Uni Soviet . konser tersebut berhasil menarik 500,000 orang lebih penonton.

Setelah Cowboys From Hell, gaya Groove Metal ala Pantera mulai di populerkan melalui album “Vulgar Display of Power” yang rilis pada tanggal 25 Februari 1992. Album ini menduduki peringkat ke-44 di Amerika Serikat. Sekitar bulan Juli 1992, nama “Dimebag Darrell” mulai resmi menggantikan “Diamond Darrell”. Rex Brown juga mengganti nama panggungnya menjadi “Rexx Rocker”.

Pada 22 Maret 1994, Pantera kembali merilis Far Beyond Driven. Album berhasil mencapai posisi pertama di tangga lagu Australia dan Amerika Serikat. Single berjudul “I’m Broken” mendapatkan penghargaan Grammy Award 1995 untuk kategori “Best Metal Performance”.

Pada tur Pantera tahun 1995. Anselmo mulai mengeluhkan rasa sakit di punggungnya yang sudah dideritanya selama bertahun-tahun. Anselmo mencoba mengurangi rasa sakitnya dengan mengkonsumsi alkohol sebanyak mungkin. Namun Anselmo sendiri mengakkui bahwa; alkohol malah membuat segalanya bertambah lebih buruk.

Dokter menyarankan Anselmo untuk operasi guna menghilangkan sakit punggungnya, kala itu proses pemulihan pasca operasi sangat lama. Ditengah padatnya jadwal konser Pantera, Anselmo tidak mau resiko tersebut,  kemudian Anselmo mulai mengkonsumsi heroin untuk mengurangi rasa sakit di punggungnya.

album Pantera selanjutnya adalah “The Great Southern Trendkill” yang  dirilis Pada 22 Mei 1996. Saat Proses perekaman album ini sementara anggota Pantera yang lain merekam bagian mereka di studio di Dallas, Phil Anselmo malah merekam vokalnya di studio milik Trent Reznor di New Orleans. Hingga mulai muncul perselisihan antar anggota band. Akhirnya Anselmo mulai menjauhkan diri dari anggota Pantera lainya.

Tahun 1997 Pantera menerima penghargaan platinum untuk album “Cowboys from Hell”, “Far Beyond Driven” dan “Vulgar Display of Power”. Termasuk nominasi Grammy untuk kategori “Best Metal Performance”. Yakni lagu “Suicide Note (Pt. I)” (The Great Southern Trendkill) dan “Cemetery Gates” (Cowboy from Hell) merupakan lagu yuang mendapat nominasi selama dua tahun berturut-turut: 1997 dan 1998. Namun, ditengah banyak-banyaknya penghargaan yang didapat oleh Pantera, Phil Anselmo malah semakin kecanduan dengan heroin.

Pada 21 Maret 2000, Pantera merilis album “Reinventing the Steel”, album terakhir Anselmo bersama Pantera. Salah satu lagu dalam album ini, yakni; “Revolution Is My Name”, mendapat nominasi Grammy untuk kategori Best Metal Performance.


Pembubaran Pantera

Setelah merilis album “Reinventing the Steel”, Anselmo mulai tidak fokus. Dia banyak menggarap proyek proyek sampingan, sehingga Dua Abbott bersaudarqa membubarkan Pantera tepat pada tahun 2003. Namun pada tahun yang sama, Pantera sempat merilis album “Best Of” Pantera dirilis pada bulan 23 September.


Baca juga artikel dibawah ini :

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »